Rabu, 29 Februari 2012

Laporan Kuliah Lapangan


LAPORAN TETAP
PRAKTIKUM BIOLOGI UMUM I


Description: C:\Aditya_FMB 28+++\Images+++\Lambang+++\Logo_UNSRIB.jpg


OLEH
NAMA                       : ADITYA YULISTIO
NIM                            : 08111004002
KELOMPOK            : I ( SATU )
ASISTEN                   : MARGARET PRICILIA


LABORATORIUM ZOOLOGI
JURUSAN BIOLOGI
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS SRIWIJAYA
INDRALAYA
2011
LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN TETAP PRAKTIKUM
BIOLOGI UMUM I


OLEH

Aditya Yulistio
NIM. 08111004002

Telah disetujui dan disahkan sebagai salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Akhir Semester Praktikum Biologi Umum I.

                                                                                    Indralaya,         Desember 2011
Mengetahui.
Asisten




Margaret Pricilia
NIM. 08081004003

Dosen Pembimbing II                                               Dosen Pembimbing I


Dra.Nita Aminasih, M.Si                                          Doni Setiawan, S.Si. M.Si
NIP. 196205171993032001                                       NIP. 198001082003121002







KATA PENGANTAR

            Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas karunia dan rahmatNya penulis dapat menyelesaikan tugas laporan akhir Praktikum Biologi Umum I dengan tepat waktu.
            Laporan akhir Praktikum Biologi Umum I ini ditulis untuk memenuhi salah satu tugas akhir yang telah dilaksanankan pada semester ganjil dan sebagai syarat untuk mengikuti pelaksanaan Ujian Akhir Semester Praktikum Biologi Umum I.
            Penulis mengucapkan terima kasih kepada dosen pembimbing Praktikum Biologi Umum I yaitu Bapak Doni Setiawan, S.Si. M.Si dan Ibu Dra. Nita Aminasih, M.Si yang telah mengarahkan kami selama praktikum, terutama juga kepada asisten yang telah membantu penulis pada saat melakukan praktikum, dan oleh sebab itu penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada Mbak Margaret Pricilia dan juga asisten-asisten lainnya.
            Penulis menyadari bahwa penulisan laporan Praktikum Biologi Umum I masih jauh dari kesempurnaan dan masih banyak kekurangannya, namun dalam hal ini penulis telah semaksimal mungkin untuk menyelesaikan laporan ini secara cermat. Oleh karena itu mohon kiranya dapat dimaklumi, selain itu juga kritik dan saran yang sifatnya membangun sangat diharapkan oleh penulis demi terciptanya hasil laporan yang maksimal.
            Akhir kata “ Tiada gading yang tak retak “. Demikian kata pengantar yang dapat penulis sampaikan, atas perhatiannya penulis mengucapkan terima kasih.


Indralaya,       Desember 2011





      Penulis







DAFTAR ISI


Halaman Judul……………………………………………………………….. i
Lembar Pengesahan………………………………………………………….. ii
Kata Pengantar……………………………………………………………….. iii
Pendahuluan………………………………………………………………….. iv

I.          Mikroskop dan Penggunaanya
II.        Mengenal Struktur Sel Hewan  dan Tumbuhan
III.       Mengenal Jaringan Hewan
IV.       Mengenal Jaringan Tumbuhan
V.        Morfologi Tumbuhan
VI.       Morfologi Hewan
VII.     Difusi, Osmosis, dan Plasmolisis
VIII.    Hewan Invertebrata

Daftar Pustaka
Lampiran Gambar
Daftar Pustaka Percobaan
Cover Percobaan












PENDAHULUAN

            Biologi adalah ilmu yang mempelajari segala sesuatu tentang makhluk hidup. Melalui mempelajari biologi, manusia belajar mengenali dan memahami dirinya sendiri maupun makhluk hidup yang lainnya. Objek yang menjadi kajiannya sangat banyak, yaitu semua yang berkaitan dengan makhluk hidup, baik pada tingkatan molekul, sel, jaringan, organ, sistem  organ, individu, populasi, ekosistem, maupun bioma. Ibarat sebatang pohon, biologi merupakan pohon ilmu yang sangat besar yang memiliki cabang-cabang  ilmu dan tiap cabang biologi yang telah berkembang, diantaranya adalah seperti yang disebutkan berikut ini Zoologi, Botani, Fisiologi, Anatomi, Genetika, Mikrobiologi, Bakteriologi, Mikologi, Evolusi, Biologi Molekuler, dan masih banyak lagi.
            Pada Praktilum Biologi Umum I ini materinya adalah Mikroskop dan Penggunaanya, Mengenal Struktur Sel Hewan  dan Tumbuhan, Mengenal Jaringan Hewan, Mengenal Jaringan Tumbuhan, Morfologi Tumbuhan, Morfologi dan Anatomi Hewan, Difusi, Osmosis, dan Plasmolisis, Hewan Invertebrata, Tumbuhan Tingkat Rendah, dan Keanekaragaman Serangga. Pada praktikum Mikroskop dan Penggunaanya dapat kita ketahui bahwa mikroskop adalah alat bantu yang memungkinkan kita untuk dapat mengamati objek yang berukuran sangat kecil. Hal ini membantu memecahkan persoalan manusia tentang organisme yang berukuran kecil.
            Pada praktikum Mengenal Struktur Sel Hewan  dan Tumbuhan dapat kita ketahui bahwa terdapat berbagai jenis sel tumbuhan. Misalnya, jenis sel tumbuhan yang mampu menghasilkan materi kimia tertentu seperti materi hasil fotosintesis . Sementara itu, ada jenis sel yang menghasilkan materi lilin. Ada juga jenis tumbuhan tertentu  yang berfungsi selagi hidup, misalnya kloroplas. Namun ada juga jenis sel tumbuhan yang justru berfungsi setelah mati.
            Pada praktikum Mengenal Struktur Sel Hewan dan Tumbuhan dapat kita ketahui bahwa dalam sel berlangsung semua kehidupan, seperti respirasi, ekskresi, transportasi, dan sintesis. Sel adalah unit terkecil yang menyusun tubuh makhluk hidup dan merupakan tempat terselenggaranya fungsi kehidupan. Oleh karena itu, mekanisme kehidupan dapat dipelajari pada tingkat sel.
            Pada praktikum Jaringan Hewan dapat kita ketahui bahwa tubuh hewan terdiri dari jaringan-jaringan atau sekumpulan sel yang mempunyai struktur dan fungsi yang sama. Jaringan dengan struktur yang khusus memungkinkan karena mereka mempunyai fungsi yang spesifik. Sebagai contoh, otot-otot jantung yang bercabang menghubungkan otot jantung yang lainnya. Membantu konsentrasi sel-sel  dalam satu koordinasi. Ilmu yang mempelajari jaringan adalah histologi.
            Pada praktikum Jaringan Tumbuhan dapat kita ketahui bahwa terjadinya jaringan tumbuhan karena adanya atau berlangsungnya pembelahan dari sel-sel, yang dalam hal ini sel-sel yang tetap terjadi melakukan hubungan-hubungan yang erat yang satu dengan yang lainnya. Selanjutnya, pembentukan-pembentukan jaringan tersebut sangat erat hubungannya pula dengan pembentukan berbagai alat pada tumbuhan seperti akar, batang, daun, bunga, buah, dan lain-lain.
            Pada praktikum Morfologi Tumbuhan dapat diketahui bahwa ilmu yang mempelajari struktur organ tumbuhan baik akar, batang, daun, bunga maupun bijinya. Pada dasarnya tumbuhan terdiri dari tiga bagian pokok, yaitu akar (radiks), batang (caulis), dan daun (folium). Akar merupakan organ tubuh yang berfungsi sebagai menyerap air dan unsur-unsur hara serta untuk menopang tegaknya tumbuhan. Batang merupakan tempat mengangkat air mineral yang didapat dari dalam tanah dan menyebarkan ke seluruh tubuh tumbuhan. Daun merupakan bagian vegetatif dari tumbuhan, dimana proses fotosintesis dapat berlangsung.
            Pada praktikum Morfologi dan Anatomi Hewan dapat diketahui bahwa setiap makhluk hidup mempunyai bentuk ataupun struktur sendiri yang dimilikinya. Bentuk yang dimiliki disesuaikan dengan keadaanya, makanannya, maupun habitatnya. Pengamatan morfologi adalah salah satu bentuk pengamatan dimana dilihatnya suatu objek berdasarkan bentuk keadaan di luar tubuh atau yang tampak pada bagian luar.
            Pada praktikum Difusi, Osmosis, dan Plasmolisis dapat diketahui bahwa difusi adalah proses perpindahan suatu zat dari tempat dengan konsentrasi tinggi ke konsentrasi yang rendah . Sedangkan osmosis adalah proses perpindahan molekul air melalui membran semi permeable dari konsentrasi rendah ke konsentrasi yang tinggi.
Sedangkan plasmolisis adalah proses mengerutnya membran sitoplasma karena air keluar dari vakuola oleh larutan yang bersifat hipertonis.
            Pada praktikum Hewan Invertebrata dapat diketahui bahwa invertebrata adalah hewan yang tidak memiliki tulang belakang. Ciri-ciri dari hewan yang tidak bertulang belakang adalah mempunyai sistem peredaran darah yang terbuka. Penggolongan hewan didasarkan pada kesamaan struktur dan fisiologisnya. Dalam hubungan ini ada keempat kriteria, yaitu pola simetri tubuh, bentuk tubuh, rongga tubuh, perbedaan perkembangan embrio, dan aspek tertentu yang dianggap penting.
           

























DAFTAR PUSTAKA

Annisa. 2008. Invertebratae. Jakarta : Pustaka Media.
Campbell, Reece and Mitchel. 1999. Biologi Edisi Kelima Jilid II. Jakarta : Erlangga.
Dwidjoseputro. 1998. Pengantar Fisiologi Tumbuhan. Jakarta : PT. Gramedia.
Kamajaya. 1996. Sains Biologi. Bandung : Ganesha Exact.
Kimball, John W. 1992. Biologi Edisi Kelima Penerjemah Amin Kusjaya. Jakarta :
         Erlangga.
Kusnadi, dan Didip P. 2005. Biologi Jilid I. Jakarta : Piranti Darma Kalokata.
Maryati, Sri. 2007. Mikroskop dan Cara Penggunaannya. Solo : Pustaka Media.
Pratiwi, D.A. 2007. Struktur Sel Hewan dan Sel Tumbuhan. Surabaya : Setiabudi.
Setiawan, Doni. 2011. Penuntun Praktikum Biologi Umum I. Palembang : Jurusan
         Biologi FMIPA UNSRI.
Schlegel, Hans G. 1994. Mikrobiologi Umum Edisi Keenam Penerjemah Tedjo
         Baskoro. Jakarta : Gajah Mada University Press.
Srikini. 2007. Jaringan Hewan dan Tumbuhan. Jakarta : Erlangga.
Suharno. 2007. Morfologi Hewan dan Tumbuhan. Jakarta : Erlangga.
Sutarno, N. 2001. Biologi Untuk Mahasiswa TPB. Bandung : Jurusan Pendidikan
         Biologi FPMIPA IKIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar